Mari Ber-Ukhuwah

“Tidaklah dikatakan beriman seseorang sehingga ia mencintai saudaranya seperti ia mencintai dirinya.”

“Hidup Mulia atau Mati sebagai Syuhada.”

“Cintailah sahabatmu karena Allah, dan bencilah temanmu karena Allah.”

Dalam hidup ini, kita membutuhkan sahabat, itu adalah hal yang tak dapat dipungkiri lagi, karna dalam hidup ini kita tidak mampu untuk melangkah seorang diri tanpa seorang sahabat. Membutuhkan orang-orang yang dapat mengingatkan kita dikala lupa dan khilaf. “Sungguh manusia dalam kerugian..kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran”(Q.S. al-ashr : 2).
Rasulullah memberikan uswah pada kita, bagaimana kisah persahabatan beliau yang luar biasa dengan para sahabatnya. Sampai mengorbankan harta dan jiwa, tiada lain tiada bukan…itu hanya untuk kebenaran dan untuk mendapatkan keredhaan dari Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
Dari kaca mata pendidikan, sahabat termasuk pada kategori lingkungan pendidikan. Sahabat atau teman adalah orang-orang yang sering berinteraksi dengan kita. Mereka kadang mengambil posisi saudara atau bahkan orang tua dihati kita. Apalagi diusia remaja, ada kecendrungan untuk lebih terbuka pada sahabat dari pada keluarga. Oleh karna itu, kita pun harus dapat memilih dan memilah siapa yang akan menjadi sahabat-sahabat terbaik dalam mengisi hari-hari kita.
Nah, berikutnya akan disajikan beberapa tip’s dan trik bersahabat yang baik, yang ku kutip dari buku ( “True friend, jurus dahsyat milih sahabat”. Dan buku saku yang berjudul”Kado buat sahabat”). Serta beberapa kata-kata mutiara yang kutemukan dari buku-buku yang pernah kubaca.

8 tips dan trik Sahabatan

1. Katakan kalau kamu mencintainya. Rasulullah terbiasa berkata : Uhibbuka fillah “Aku mencintaimu karna Allah”.

2. Berilah hadiah . Taadu tahaabbu “Saling memberi hadiahlah kamu maka kamu akan saling mencintai.
Meskipun hadiah bagi sahabatmu hanyalah sepotong puisi, ato sebungkus kuaci,atau teh poci hehe atau pijitan lembut dipundaknya yang pegal, itu adalah hadiah terindah untuknya disaat ia membutuhkannya.

3. Kenali kesukaannya dan hindari ketidaksukaannya.
Jangan mengaku sahabatnya kalo kita tidak tau satupun tentangnya, yah…seperti hobinya, makes n ‘ mikes (makanan dan minuman kesukaan) dsb. Begitu juga dengan sesuatu yang tidak disukainya, sebaiknya kamu jangan coba-coba menampakkannya ato kamu berusaha menahan diri untuk tidak melakukannya dihadapan sahabatmu itu. Seperti, sahabatmu tidak suka atau alergi dengan suara-suara aneh…jadi jangan sekali-kali kamu menyanyi tidak karuan didepannya…hehe

4. Hibur saat dia sedih ! Jika temanmu sedih…berusahalah untuk menghiburnya, agar ia tidak larut dalam kesedihannya.

5. Lebih banyak memberi. Janganlah berharap sahabatmu akan memberi banyak padamu , tapi biasakan dirimu memberikan yang terbaik buatnya.

6. Lebih banyak mendengar. Jika sahabatmu ada masalah…dan dia bercerita padamu…maka janganlah mencoba untuk menyelasaikannya kecuali setelah diminta..terkadang boleh jadi ia hanya butuh di dengar.

7. Menjaga jarak barang sejenak. Kadang dalam persahabahatan ada sifat kejenuhan. Terlalu lengket, terlalu perhatian hingga membuat sahabat tidak dapat bergerak. Maka jagalah jarak tertentu dengan sahabatnu. Sesekali bertemu namun bermutu..

8. Husnudzhon dan jujur padanya. Nah, jika suatu ketika kamu mendengar hal yang buruk tentang sahabatmu. What do you do? Kalo bahasa kampung asal kita Madza ta’mal? Sebaiknya jangan langsung dipercaya…berhusnudzhon lah…kemudian tanyakan yang sebenarnya. Jika memang perbuatannya itu buruk..katakan dengan jujur kalau kamu tidak sepakat dengan yang diperbuatnya.

Ciri-ciri Teman Sejati
🙂 Suka mengucap salam, dan menyapa siapa saja yang pernah dikenal, dimanapun ketemunya.
🙂 Mudah bergaul dan punya banyak teman
🙂 Wajahnya selalu tampak cerah
🙂 Banyak senyum
🙂 Shalat tahajud, dhuha, baca al-qur’an terjaga
🙂 Pede memakai atribut keislaman, kayak baju kok, gamis, kopiah dsb.
🙂 Kalo lagi tidur, bibir sering keliatan senyum..kira kalo sakit gigi gimana ya ?
🙂 Suka ngasih sesuatu ke orang lain
🙂 Tidak suka buang-buang waktu dan berusaha melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas.
🙂 Optimis menjalani hidup
🙂 Jarang nampak sedih dan berduka

Naaah…sudahkah kita memilki ciri-ciri yang telah disebutkan diatas ?? yap hanya anda yang tau …atau sahabat anda….
Untaian mutiara hikmah tentang sahabat

• Pesan Rasulullah , sebaik-baik sahabat adalah mereka yang :
Apabila kamu melihatnya, teringat Allah
Apabila melihat akan amalnya, teringat akan akhirat
Apabila kamu berbicara dengannya, pengetahuan agamamu bertambah.

• Sahabat sejati adalah orang-orang yang dapat berkata benar denganmu, dan bukan orang-orang yang dapat membenarkan kata-katamu. (Hamka).

• Haruslah engkau berteman, karena teman-teman itu alat & media untuk dunia dan akhirat. (Ali bin Abi Thalib).

• Akan merasa sunyi seorang yang tidak memiliki sahabat, dan sia-sia orang yang menahan diri untuk tidak mencarinya. Lebih sia-sia lagi orang yang telah mendapatkan sahabat, kemudian ia mensia-siakannya. (Hilal bin ula al-Raqy).
• Kalau sahabatmu setia kepadamu, bersyukurlah. Karena dalam pertukaran siang dan malam telah menganugrahi engkau suatu yang kekal. Banyak yang akan menunjukkan kekurangan dan yang akan membetulkan bilamana engkau berbuat salah.(al-Anisah Mai)

• Lebih baik berdiam diri daripada menyebutkan segala rahasia sahabat yang dibisikkan kepadamu dan janganlah sekali-kali membisikkannya pada orang lain, bahkan kepada teman dekat sekalipun dan janganlah membuka rahasia-rahasia itu walaupun setelah putus persahabatan dan hubungan bathin. (al-Ghazali)

• Persahabatan adalah perisai bagi segala bencana dan segala peristiwa yang terjadi disegala zaman. (al-Ghazali)

• Haruslah kamu berteman dengan orang-orang yang benar, supaya kamu akan hidup dalam lindungan mereka. Sesungguhnya mereka itu adalah hiasan pada waktu senang dan perisai pada waktu susah.(Umar bin Khattab)

• Seseorang yang memandang wajah saudaranya atau temannya dengan penuh kesayangan dan kerahmatan adalah ibadah. (al-Fudzail)

• Teman dudukku mempunyai hak padaku atas tiga perkara :
Apabila ia mendekat, niscaya aku sambut kedatangannya
Apabila ia berbicara, niscaya aku perhatikan pembicaraannya
Apabila ia duduk niscaya aku luaskan tempat baginya. (Sa’id bin al-Ash)

• Sahabat adalah penentu. Jangan tanya siapa aku. Tanyakanlah siapa sahabatku. Pasti kamu tau siapa diriku. (Syair ahli hikmah).

• Manfaatkan persahabatanmu dengan siapapun sebagai ajang belajar. Ketika berbicara, jadikan itu sebagai latihan untuk memperhalus tutur kata dan mempercantik budi bahasa. Jadikan temanmu sebagai salah seorang guru yang mengajarmu budi pekerti dan akhlak mulia.
Ada orang yang dikenal karena pemikiran-pemikirannya yang baik. Kebesarannya tersirat dalam keteladanan dan persahabatannya. Bersahabat dengannya akan membentuk kancah belajar menjadi orang berani, arif, bijak, dan sopan. (buku The Art of Wordly Wisdom)

• Cermin memantulkan dengan jujur apa yang ada didepannya, apabila baik ditampakkan baik, buruk ditampakkan buruk. Maka hati-hatilah memilih teman, karena teman adalah cerminan dari sifatmu.

• Hanya semenit diperlukan untuk mendapatkan seorang sahabat yang baik, sejam untuk menghargainya, sehari untuk menyanginya . Tapi sepanjang hidup untuk melupakannya.

• Teman ketaa bagaikan air di daun keladi alau tercurah tak berkesan. Tapi sahabat sejati bagai air lalu alau dicincang ia tak mungkin kan putus.

• Supaya engkau beroleh sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang. (Hamka)

Nasehat Al-Qamah

“Jika engkau perlu berteman dengan orang-orang, maka bertemanlah sengan orang yang apabila engkau melayaninya, ia pun melindungimu, dan jika berteman dengannya, ia menghiasimu. Jika engkau tidak mampu menggunakan hartamu, bertemanlah dengan orang yang apabila engkau berbuat baik kepadanya , ia pun membalasmu, dan jika engkau berbuat dosa, ia pun mencegahnya. Bertemanlah dengan orang yang apabila engkau meminta sesuatu darinya, ia pun memberimu, dan jika engkau diam, ia pun menyapamu. Bertemanlah dengan orang yang apabila engkau berkata, ia benarkan perkataanmu, dan apabila engkau hendak melakukan sesuatu, ia pun menasehatimu, dan jika kalian bertengkar ia lebih mengutamakanmu”.

Nasehat Umar bin Khattab
(untuk meneguhkan persahabatan)

1. Kalau dia berbuat suatu kesalahan kepadamu dengan jalan mendurhakai Allah, balaslah dengan jalan taat kepada Allah
2. Jangan cepat menyangka salah terhadap perkataan seseorang, padahal masih ada jalan lain untuk membawanya kepada arti yang baik
3. Carilah sahabat yang jujur. Dengan jalan demikian engkau terpelihara dari bahaya.
4. Tidak ada kawan yang bisa dipercayai, kalau dia tidak takut kepada Allah
5. Suatu pekerjaan darimu sendiri, kalau sulit, bermusyawarahlah dengan yang takut pada Allah.

Love of Power, But The Power of Love.”

Ni ada hadiah buat antum

  1. pamokolan
    September 24, 2008 pukul 4:03 am

    A foto abi mana???????????????????????
    by: Budi H

  2. dede tea
    September 25, 2008 pukul 5:44 am

    waduc…keren eum ayeunamah
    tempel atuch photo artizzz

  3. eviek
    September 25, 2008 pukul 5:45 am

    Wah…meni caraludih
    mandi geura,he…………

  4. SUMINI
    September 26, 2008 pukul 5:07 am

    Euleuh….euleuh
    geuning halaman utamanya kok kithu??? borona mah tos optimis aya poto abi an …. huh sedih dech>>>>????
    @
    : (
    @

    btw…btw nyoosszz ah ddaaagggg………..

  5. nanx
    September 26, 2008 pukul 10:04 am

    naha foto ana teu aya??
    ceurik ahhh
    T_T

  6. ukhzha
    September 27, 2008 pukul 4:16 am

    tiluan wae jiga roda beca
    ehm_atawa cinta segitiga neh ??? he…

  7. nanx
    September 27, 2008 pukul 9:25 am

    ramekeun deui ach……………. meni bosen teu aya nu kasepan,,,,he he he..

  8. ukhzha
    September 28, 2008 pukul 4:15 am

    eta h35p4y leader meni serius lg berjuang

  9. ate lien"Z
    September 30, 2008 pukul 4:49 am

    mana dong fotto yang laenny????????????

  10. ate lien"Z
    September 30, 2008 pukul 4:50 am

    mana dong fotto2 yang lainnya????????

  11. Oktober 2, 2008 pukul 7:08 am

    Ha..ha..mani sok so…

  12. Vik
    Oktober 5, 2008 pukul 3:11 am

    D tngkatin lgi kreasi nya!!
    Yu..

  13. Vhiewy
    Oktober 7, 2008 pukul 12:08 pm

    kAng eViek mUni saDis cOmentna kHi..kHi..

  14. dian triana
    Oktober 8, 2008 pukul 5:34 am

    eta nu ker 3an mani karasep qtu…..
    jigana te aya fto nu lebih kasep nya?ha….ha…

  15. Oktober 11, 2008 pukul 6:15 pm

    enya nya.. tingali tuh anu tiluan..😀
    abi mah alim deui-deui nempel dina layar kompi ah.. he..

    eh eh.. arameng atuh ka teun abi.. kantun diklik uae nami adhiyat na..

    ok choy!!

  16. abi
    Oktober 11, 2008 pukul 6:52 pm

    di antos nya galeri narsis kemping nu kamari..!! jgn lupa juga ceritain perjalanannya..

    specil request dr yg gak ikut.. (^.^)v

  17. nidDCGTCSA
    Oktober 12, 2008 pukul 8:17 am

    H35P4Y B3 4 9R34T

  18. ilen Niez
    Oktober 14, 2008 pukul 1:17 am

    ukh…. mani nalarsiz, tp oke-lah,,,, smga smangt juangnya makin berkobar,.,! chayooo………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. ilen Niez
    Oktober 14, 2008 pukul 1:33 am

    ciyeeee,,,, yg lg berjuang,,,, Allahu Akbar!!!!!!

  20. chan
    Oktober 15, 2008 pukul 3:11 pm

    Opz…. ternyata h35p4y nalarzies….
    bagus itu “pertahankan”…he…

  21. rezt
    Oktober 15, 2008 pukul 3:36 pm

    Wat leader……… truz z naek v lambeyna mingkem!!! Bisi aya nu lebet?

  22. anthree
    Oktober 16, 2008 pukul 10:23 am

    eh…. tos kapendak, masih keneh karasep gening nya…..ha_ha

  23. vik
    Oktober 16, 2008 pukul 5:10 pm

    ASTAGFIRULLAHHH!!
    FOTO eta aya keneh wae. manawi tos di gentoss… hee
    gentos w knu bi mih rada caangg!

  24. Oktober 17, 2008 pukul 11:11 am

    mni bosn ningali foto nu “eta”..😀
    kacian tuu yg laenna mni parundung.. pasang dui atuw foto anak” nu laenna..😛

    eh skdar info pnting gk penting.. biar blog ini lbih rame, krim comment na bsa lwat HP.. pastinya yg bs akses GPRS dumz.. heu.. nu teu tiasa mah wayahna w k wnet uae..😉

  25. Oktober 17, 2008 pukul 4:35 pm

    siapapun leh comment kecuali evik

  26. vik
    Oktober 17, 2008 pukul 4:37 pm

    MENI TEGA!!!
    MWAL K WRNET DOI AH!!!

  27. Oktober 17, 2008 pukul 5:27 pm

    eh eh.. karunya tuu evik pundung..😀

  28. arie_donk
    Oktober 17, 2008 pukul 8:36 pm

    HASMI ” Sebuah Gerakan Kebangkitan”

    Bersama Kereta Kemurnian….?

    http://www.hasmi.org

  29. zauzah
    Oktober 23, 2008 pukul 2:21 pm

    akh. masa hanya itu terus fotonya? pa ga da foto perjalan ikhwah yang lain atau belum? eh di foto mani tiluan wae siga kuncen mesjid. oh muhun kade nu tiluan eta pertahankan jangan sampai futur.

  30. haru al yazid
    Oktober 25, 2008 pukul 9:50 pm

    SUBHANALLAH,,,,,,,,,,,,,,,,,
    ikhlaskan hatimu sbg syuhada d jalan Allah,,,,
    jln msh jwh utk kw tmph,,,,
    kbarkan bndra Islam d Smua aspek Khdpan,,,,
    skses H35p4Y,,,

    SMANSA CHB & MA SBB SURYALAYA,,,,,

  31. IWA qEY
    Oktober 25, 2008 pukul 9:55 pm

    ASS…… aNtum2 ternYtA spRtI itU eGimna kOOK FOToNya yg tu si
    Asa te Nyeni……….eh tpi ksEp oge >>>> good luck buat daKWAH KT,,,

  32. Januari 28, 2010 pukul 5:15 pm

    asslm akh… foto ane araya keneh teu

    :

    ..? asa inget keur ngora ari ningali foto teh..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: